MANFA'AT HEBAT BONGGOL JAGUNG ??? SAMAPAI SAMPAI ORANG JEPANG MENCARI KE INDONESIA, INI BUKTINYA...!!! DISHARE YA SOOB...


Semua orang pasti tahu jagung, tapi apakah semua tau manfaat tanaman dengan nama latin zea mays ini?

Sebagai bahan makanan pokok terkecuali padi serta gandum, biji jagung mempunyai banyak faedah untuk kesehatan mata, orang yang tengah diet, memperlancar ASI dan kesehatan gigi. Jagung mempunyai sebagian kandungan seperti karbohidrat, vitamin A, B serta C, protein, serat serta zat besi.

Tidak cuma biji jagung yang berguna untuk manusia. Nyatanya bonggol jagung juga mempunyai bermacam faedah lainnya, seperti diambil dari beragam sumber.

Pakan ternak

Jepang adalah negara pertama yang memakai limbah jagung (bonggol) sebagai bahan pakan ternak. Jepang memakai tehnologi dengan bikin pakan organik untuk ternak seperti sapi, kambing serta unggas.

Bonggol jagung yang telah kering lalu digiling untuk jadikan tepung kering. Tepung kering yang dimaksud concobu itu memiliki kandungan beragam type asam amino, karbohidrat komplek, protein serta mineral seperti zat besi, mangan. Sumber nutrisi itu sangatlah utama pencernaan hewan.

Bahkan juga pada th. 2009 Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengekspor bonggol jagung ke Jepang meraih 3. 6000 ton atau sejumlah Rp 6, 3 miliar. Walau sebenarnya keperluan Jepang meraih 10 container per bln., tetapi ekspor ke Jepang baru penuhi 1 container. Sampai kini Thailand jadi pengekspor paling utama keperluan bonggol jagung di Jepang.

Pengganti 'tissue' toilet Jaman dulu


bonggol jagung digunakan orang Amerika sebagai 'tissue' toilet. Tissue toilet sendiri baru dipakai dengan cara luas saat th. 1920-an. Terkecuali digunakan sebagai kertas toilet, bonggol jagung juga digunakan tentara Amerika sebagai pipa tembakau. Di kenal dengan nama corn cob pipe mulai popular dipakai di semua dunia sesudah digunakan oleh Jendral Douglas Mac Arthur waktu perang dunia ke-2 saat dia serta pasukannya menyapu Pasifik serta menghantam Jepang di Iwojima.

Bahan kerajinan

Beberapa orang-orang di Indonesia mulai memakai bonggol jagung itu sebagai bahan kerajinan. Seseorang warga Bogor bernama Edie Junedi, memakai limbah bonggol jagung jadi bermacam jenis kerajinan kreatif seperti kap lampu, tempat tisu, anyaman tas, tatakan gelas dan sebagainya.

Tidak cuma Edie, warga kreatif yang lain yang tinggal di Pati, Jawa Tengah juga memakai bonggol jagung sebagai ikat cincin. Deman batu akik digunakan Anjis mengekspolore kreatifitas yang dipunyainya.

Bahan bakar alternatif

Bonggol jagung nyatanya dapat digunakan sebagai bahan bakar briket. Briket dari bonggol jagung itu dimaksud sebagai briket bioarang. Walaupun sebagai bahan bakar dengan tehnologi simpel namun panas dari briket biorang itu mempunyai nyala api yang cukup besar serta tahan lama. Bahan bakar itu pas dipakai untuk beberapa pedagang atau entrepreneur yang memerlukan pembakaran terus-terusan dalam periode waktu yang lama.
MANFA'AT HEBAT BONGGOL JAGUNG ??? SAMAPAI SAMPAI ORANG JEPANG MENCARI KE INDONESIA, INI BUKTINYA...!!! DISHARE YA SOOB... MANFA'AT HEBAT BONGGOL JAGUNG ??? SAMAPAI SAMPAI ORANG JEPANG MENCARI KE INDONESIA, INI BUKTINYA...!!! DISHARE YA SOOB... Reviewed by bulan on 01:59 Rating: 5